Home

IMG_0051

“Kebersihan adalah sebagian dari iman” adalah ungkapan yang baik. Memulung (memungut sampah) dapat dilakukan oleh semua orang, yang mendasarkan diri pada sifat kesukarelaan. Dan orang-orang muda ini memulainya di kolong Jembatan Kahayan, Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Jam tangannya sudah menunjukkan pukul 06.00 hari Minggu pagi, 10 Februari 2013, Saat sebagian warga kota berbondong-bondong menuju tempat publik untuk berolah raga, Si Ia dan beberapa anak muda lainnya malahan bergegas menuju kolong jembatan. Di tempat itu masih sepi, cuman beberapa orang yang bersiap mendirikan tenda untuk warung sarapan non-permanen, dan segelintir lainnya yang berjalan-jalan di tepian sungai.

Dengan setengah tergopoh-gopoh menuruni tangga, Ia dan seorang temannya menghampiri seorang perempuan muda yang tengah memulung di sisi kiri. Di sebelahnya tergeletak berhelai-helai kantong plastik merah ukuran 20 cm x 50 cm dan sebuah botol tempat minum.

“Hai!” sapanya. “Sudah lama kah? Sorry telat,”

Yang perempuan berjilbab itu cuman mengangguk dan senyum. Sembari berjongkok, ia terus memulung plastik yang berserak di sekitar sepatu kets putihnya.

Si Ia dan temannya bergegas. Masing-masing meraih sebuah kantong pastik, lalu berpencar ke arah kiri dan kanan. sejurus kemudian, keduanya telah sibuk bekerja menjadi pemulung.

Beep … Beep. Nada penerima pesan berbunyi di teltpon genggam Si Ia pada pukul tujuh kurang lima menit.

“I’m sorry. I just woke up. I’ll join with you,”

Teman bule dari Amerika peranakan Filipina, Si Amrik-Filipino yang bekerja untuk intern-policy research and communication dari kantor United Nations Office for REDD+ Coordination in Indonesia, bakal menyusul secepatnya untuk memulung.

Dengan sigap, Si Ia membalasnya, lalu menghampiri seonggokan sisa sedotan yang dibuang sembarangan.

DI berbagai sudut, khususnya di bagian anak tangga, mudah menjumpai tumpuan plastik sisa sedotan minuman dan bungkus makanan pabrik lainnya. Biasanya, para pengunjung lokasi ini menikmati pemandangan sungai sembari membungkus makanan dan menyedot minuman berwadah plastik.

Celakanya, mereka menebar begitu saja sisa pembungkus dan sedotan plastik ke lantai kolong jembatan. mereka tak lantas bisa dipersalahkan, karena tidak ada satupun tempat sampah ditemukan di area publik ini.

Lebih sialnya lagi, kotoran manusia mudah ditemukan! Kotoran itu mengapung santai di pinggir sungai di antara sampah plastik. Hal ini menunjukkan tidak adanya sarana toilet umum di sini. Pun, edukasi yang tepat tentang kebersihan sanitasi sepertinya perlu diarusutamakan bagi kalangan pengunjung.

“Hi, I’m here and ready to help you!

Si Amrik-Filipino itu sudah datang, tepat lima belas menit setelah Si Ia membalas pesan pendeknya. Dengan cekatan, ia langsung menyambar kantong plastik merah, mengucapkan “Hai” kepada Si perempuan berjilbab, lalu langsung memilih tempat di tengah untuk memulung.

Mereka memulung sambil sesekali mengobrol. Yang si Ia bertukar pengalaman dengan Si Amrik-Filipino. Yang perempuan berjilbab kadang dengan Si Ia. Si Ia dengan temannya. Dan temannya Si Ia dengan motoris kelotok)* wisata yang sedang menunggu penumpang.

Saat jarum panjang jam menunjuk angka enam dan jarum pendeknya di tengah-tengah angka tujuh dan delapan, Si Amrik-Filipino pamit ke Si Ia. Katanya ada pekerjaan dari kantornya. Sekalian, ia bilang kalau minggu depan absen memulung, pulang ke negerinya Ninoy Aquino, dan baru kembali pada dua minggu mendatang.

Tigapuluh menit setelah Si Amrik-Filipino pergi, mereka menyudahi memulung dengan hasil delapan buah kantong plastik merah. Satu per satu kantong itu di angkat menaiki puluhan anak tangga, lalu dimasukkan dalam gerobak sampah di pojok kiri halaman parkir.

Bersamaan dengan dibuangnya kantong ke dalam gerobak, datanglah rombongan sepeda onthel)**.

)* Kelotok = Perahu bermotor

)** Onthel = Sepeda tua roda dua.

2 thoughts on “#MemulungKahayan (3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s