Home

Wong iPad (9) 180

Lokawisata, tempat wisata atau obyek wisata adalah sebuah tempat rekreasi/tempat berwisata. Obyek wisata dapat berupa obyek wisata bangunan maupun alam. DI bawah Jembatan Kahayan, mereka bisa mendapatkan keduanya.

Yang temannya Si Ia punya ide brillian pada 17 Februari lalu.

“Demi kemaslahatan umat yang mencari hidup di bawah Jembatan Kahayan, kita patut menyelenggarakan ekowisata!”

Secara teori, ruang publik dapat diartikan sebagai tempat yang dapat diakses secara fisik maupun visual oleh masyarakat umum. Ruang publik adalah suatu ekosistem yang dapat memberi ruang tumbuh bagi perubahan peradaban, sekaligus menjadi modal sosial dan ekonomi masyarakat untuk bertumbuh dan berkembangnya manusia serta kemanusiaan secara sehat dan produktif. Yang termasuk ruang publik seperti jalan raya, trotoar, taman kota, atau lapangan terbuka.

Di Palangka Raya, Kahayan, Sungai Kahayan, Kampung Kahayan dan Jembatan Kahayan merupakan sebuah rangkaian struktur kehidupan yang tidak dapat terlepas dari kehidupan masyarakat di Kota.

Secara nyata, di sekitar daerah Sungai Kahayan telah tumbuh ruang-ruang public, salah satunya terdapat di bawah Jembatan Kahayan, yang di sisi ajur Jalan S. Parman.

Setiap hari kawasan di bawah Jembatan Kahayan tersebut ramai dengan pengunjung. Dari yang sekedar menikmati makanan di sejumlah warung tenda, atau menikmati pemandangan Sungai Kahayan, hingga yang berwisata dengan menyewa kelotok untuk susur Sungai Kahayan.

Jumlah pengunjung bertambah banyak bila akhir minggu tiba.

Hal demikian mengakibatkan semakin banyaknya sampah yang diproduksi oleh para pengunjung dan pengelola warung makan. Meskipun tiap hari petugas kebersihan datang ke lokasi ini, tapi di tempat public ini tidak ditemukan tong sampah yang memadai. Akibatnya, baik dengan sengaja atau tidak, sampah plastic dan sampah lainnya berserakan di lantai, dan ruang public itu menjadi mudah kotor.

“Tempat yang bersih itu modal utama!”

Sembari menghisap sebatang rokok bermerek angka, Yang temannya Si Ia menambahkan kalau sudah bersih, pengunjung akan dengan riang gembira berdatangan. Kedatangan mereka sepatutnya diorientasikan pada dua hal.

Pertama. Para pengunjung adalah subyek yang dilibatkan dalam peran aktif menjaga kelestarian lingkungan hidup dan kebersihan di area ini. Peranan mereka bisa diwujudkan dalam bentuk membuang sampah pada tempatnya, dengan memisahkan antara sampah organik dan non-organik.

Sambil menggeser maju pantatnya, Yang temannya Si Ia juga bilang kalau pengunjung itu bisa dikasih tanggung jawab merawat lingkungan di situ. Dia menyebut beberapa contoh seperti ikut memulung sampah di sungai yang terbawa arus, menanam dan mengadopsi pohon di sekitar area, mengembang-biakkan ikan endemik di situ, dan lain-lain.

Kedua. Pengunjung adalah penikmat ikon publik kebanggaan kota dan fasilitasnya yang memadai. Kalau para pedagang menata warung dengan rapi, kelotok wisata mempercantik penampilan dan menambahkan sarana pengamanan yang memadai, ketersediaan tempat sampah dan sarana kebersihan yang memadai, adanya toilet yang sehat dan bersih, maka pengunjung pasti nyaman.

“Kalau nyaman, mereka pasti berani bayar, pendapatan jadi naik. Betul bukan?”

Pertanyaan retorik Yang temannya Si Ia langsung mendapat anggukan dari lawan bicaranya.

“Saya setuju! Bikinlah acara di sini, saya ingin mendapat masukan dari masyarakat.”

Belum sempat Yang temannya Si Ia mengiyakan, yang lelaki pendengar lainnya buru-buru menukas.

“Datanglah ke kantor. Kami punya tempat sampah,”

Yang temannya si Ia mengangguk pada keduanya, sebelum mereka berlalu bersama rombongannya. Belakangan, Yang temannya Si Ia baru tahu bahwa kedua orang pendengarnya tadi adalah Walikota dan Kepala Badan Lingkungan Hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s